“Biasakanlah nasihatmu (disampaikan) dalam kesendirianku Dan hindarilah (menyampaikan) nasehat di perkumpulan orang, Karena sesungguhnya nasehat di tengah orang banyak merupakan salah satu bentuk Penghinaan yang tidak aku relakan untuk mendengarnya. Jika engkau menyalahi dan melanggar ucapanku ini, Maka janganlah kecewa (kesal) jika tidak ditaati (nasehatmu)”

Kamis, 11 Desember 2008

Ada Fitnah Dalam Rumah Tangga Kita

juni08.png

Setelah menggenapkan separuh agama kita, bukan berarti selesai sudah tugas kita. Bahkan, itulah awal lembaran baru kehidupan. Berbagai tugas dan tanggung jawab menanti di depan mata. Sebagai pasutri baru, masing-masing tentu akan berusaha mengisi perannya.

Nah, dalam meniti biduk rumah tangga ini, ternyata tidak begitu mulus jalannya. Terkadang ada riap-riap kecil yang menerpa atau bahkan badai besar yang mengombang-ambingkan biduk tersebut. Di antara hambatan-hambatan tersebut adalah munculnya fitnah dalam keluarga. apa sajakah fitnah-fitnah tersebut? Silahkan membuka “Sakinah 1”.
Dalam edisi ini pembaca juga bisa mengetahui pengertian umum dari fitnah, bagaimana definisinya dan apa pula wujudnya. Pembahasan ini kami sajikan dalam rubrik “Fikih Keluarga”. O ya, tentu saja kami tidak lupa memberikan solusi syar’i bagaimana menghadapi fitnah tadi. Untuk itu, silahkan temukan jawabannya dalam rubrik “Sakinah 2”.

Pembaca nikah sekalian, beberapa waktu lalu muncul film “Fitna”, film garapan politisi Belanda Geert Wilders ini, penuh propaganda dan penghinaan terhadap Islam. Memang, reaksi umat Islam tidak sekeras ketika muncul kartun-kartun pelecehan terhadap panutan kita Nabi Muhammad n, bikinan orang Denmark. Sebab, sebelumnya pemerintah Belanda melarang penayangan film ini. Namun, di dunia maya, pembaca sekalian akan dengan mudah menemukan film ini (meskipun sebelumnya sempat diblokir).

Untuk itu, walaupun sudah agak terlambat, kami mencoba menguak racun-racun propaganda yang ada dalam film tersebut. Anda dapat membacanya dalam “Suplemen” edisi ini. Kami berharap semoga kaum muslimin yang terpengaruh atau termakan syubhat film itu, agar bisa mementahkan kembali racun murahan Wilders tersebut. Dan semoga Allah l menjaga kita dari makar-makar busuk orang-orang kafir.
Pembaca nikah sekalian, memang tidak mudah menghadapi berbagai fitnah dalam kehidupan. Apalagi jika aturan-aturan Islam sudah tidak dikenal dan dipedulikan. Untuk itu, marilah kita selalu berupaya menambah pengetahuan kita tentang Islam, supaya jika berbagai fitnah dan cobaan menerpa, kita siap dan sabar menghadapinya. Akhirnya mari kita resapi makna hadits berikut ini,
Sungguh menakjubkan perkara seorang mukmin. Seluruh perkaranya baik baginya. Tidak hal yang seperti ini kecuali hanya pada orang mukmin. Jika ia mendapatkan kesenangan, lantas ia bersyukur, maka hal itu baik baginya. Dan jika dia ditimpa kesulitan, lantas ia bersabar, maka itu baik baginya.” (Riwayat Muslim no. 2999)

0 komentar: